BeinCash AdidasPoker
Advertisement
Advertisement
Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Gempa Bumi Morowali Terasa Kuat, Ini Analisa BMKG

Jakarta – Guncangan gempa bumi di Morowali, Sulawesi Tengah, terasa kuat hingga membuat warga berhamburan keluar rumah. BMKG memperbarui data kekuatan gempa bumi yang terjadi, yakni 5,6 Skala Richter (SR), bukan 5,7 SR sebagaimana informasi awal.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menerangkan, gempa bumi yang terjadi pada pukul 16.10 WIB, Rabu (24/5/2017) terletek pada koordinat 2,78 LS dan 122,20 BT pada kedalaman 12 km.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal yang dipicu aktivitas patahan matano segmen Geresa. Ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan sesar mendatar mengiri (sinistral),” kata Daryono melalui keterangan tertulisnya.

Menurut Daryono, getaran gempa bumi dirasakan di Morowali dan Bungku II SIG-BMKG (III-IV MMI), Sorowako II SIG-BMKG (III MMI), Kendari, Kolaka, dan Palu I SIG-BMKG (II MMI).

“Deskripsi gempa bumi dengan skala intensitas II SIG-BMKG menunjukkan guncangan dirasakan oleh orang banyak tetapi belum berpotensi menimbulkan kerusakan,” terangnya.

Setelah gempa bumi pertama, terjadi gempa susulan pada pukul 16.10 WIB dengan kekuatan 4,3 SR. Masyarakat diimbau tetap tenang.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ujar Daryono.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *