BeinCash AdidasPoker
Advertisement
Advertisement
Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Terbuktinya Terdakwa Korupsi e-KTP, Dihukum Bayar Uang Pengganti

Jakarta, Terbuktinya kasus korupsi e-KTP yang dilakukan oleh Irman dan Sugiarto, diminta untuk membayar uang pengganti kepada terdakwa Irman sebesar USD 500 ribu, sedangkan pada terdakwa Sugiarto diminta membayar sebesar USD 50 ribu.

“Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa I Irman berupa membayar uang pengganti USD 500 ribu dikurangi pengembalian USD 300 ribu dan Rp 50 juta,”ujar hakim ketua John Halasan Butarbutar saat membacakan amar keputusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat.

Apabila 1 bulan setelah keputusan itu berkekuatan hukum tetap dan Irman belum membayarnya, maka harta bendanya akan disita dan dilelang jaksa. Namun apabila harta benda Irman tidak mencukupi maka dia akan dipidana penjara selama 2 tahun.

Sedangkan, terdakwa Sugiarto diminta membayar uang pengganti sebesar USD 50 ribu. Jumlah itu dikurangi pengambilan yang sudah dilakukan sebesar 30 ribu serta mobil Honda Jazz senilai 150 juta.

Selambatnya 1 bulan setelah keputusan memperoleh hukum tetap, dalam  jangka waktu itu tidak dibayar maka harta benda terdakwa II akan disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti. Dalam hal terdakwa tidak mempunyai benda yang cukup untuk membayar uang pengganti, terdakwa dipidana dengan pindana penjara selama 1 tahun,”kata hakim John.

Sebelumnya, hakim John menyatakan keduanya terbukti secara sah melakukan korupsi secara bersama-sama. Irman dan Sugiharto dinilai telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau keududukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

“Menjatuhkan pidana kepada saudara Irman dengan pidana selama 7 tahun dan denda sebesar Rp 100 juta, apabila denda tersebut tidak dibayar, akan diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan. Menjatuhkan pidana kepada saudara Sugiharto dengan pidana penjara selama 5 tahun dan denda Rp 400 juta, dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama 6 bulan,”kata hakim John.

Irman dan Sugiharto dinilai terbukti bersalah melanggar Pasal 3 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke -1 KHUP. Putusan itu senada dengan tuntutan jaksa KPK.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *