BeinCash AdidasPoker
Advertisement
Advertisement
Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

Alasan Presiden Bersikeras Dengan Presidential Threshold 20-25 Persen

Adidaspoker, DPR segera menggelar sidang paripura untuk mengambil keputusan 5 poin dalam RUU Pemilu termasuk soal Presidential Threshold atau ambang batas dalam pencalonan presiden.

Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tetap pada keinginan awal yaitu presidential threshold tetap 20-25 persen. Alasannya, presidential threshold 20-25 persen telah digunakan pada Pemilihan Presiden dua kali berturut-turut.

Kala itu, lanjut Jokowi, Pilpres berjalan baik dan tak ada masalah. Ini yang menjadi alasan pemerintah tidak mau presidential threshold dikurangi apalagi dihilangkan.

“Karena dari pengalaman dua kali Pemilu yang lalu kan sudah 20 persen berjalan baik,”kata Jokowi usai menghadiri Rakernas Apkasi di JCC, Senayan, Jakarta.

Jokowi berharap keinginan pemerintah yang ingin presidential threshold tetap 20-25 persen itu tidak merugikan satu pun partai politik. Dengan antrian, soal presidential threshold nantinya diputuskan untuk kepentingan bersama.

“Tetapi kita juga tahu jangan sampai ada partai yang dirugikan,”ujarnya.

Pansus RUU Pemilu telah menyiapkan 5 paket opsi untuk dipilih agar segera diputuskan pada rapat paripura. Kelima isu krusial tersebut yakni ambang batas pencalonan presiden, ambang batas parlemen, sistem pemilu, sebaran kursi perdaerah pemilihan, dan metode koversi suara.

Namun, yang menjadi perdebatan keras yaitu soal ambang batas pencalonan presiden. Sebabnya, pemerintah bersikeras ingin tetap 20-25 persen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *