Ditahan Polisi , Aliansi Mahasiswa Papua Meninggalkan Surabaya Akhirnya

“Kita meminta rekan-rekan langsung pulang ke daerah masing-masing,” ujarnya berunding dengan para mahasiswa yang ada di dalam asrama.

Diplomasi sempat berjalan alot. Kuasa tata tertib Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), Veronica Koman sempat meminta pihak Kepolisian untuk memperkenankan sekitar 40 mahasiswa tinggal di asrama.

Tetapi, hal tersebut tak diperbolehkan oleh polisi dengan alasan keamanan. Hingga kesudahannya, sejumlah mahasiswa Papua setuju untuk pergi meninggalkan asrama.

4 Bis yang dipakai untuk mengevakuasi mahasiswa Papua ke luar Surabaya juga kelihatan di lokasi. Pelaksanaan evakuasi sejumlah mahasiswa Papua ini malahan sempat menjadi tontonan warga.

Sebelumnya, sekitar 233 orang mahasiswa Papua dicokok oleh polisi. Mereka sempat menjalani pemeriksaan di Mapolrestabes Surabaya. Polisi juga sempat mengamankan seorang warga Negara Australia yang kedapatan ada di dalam asrama. Sesudah menjalani pemeriksaan, mereka dikembalikan ke Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan no 10 Surabaya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *