Terbuktinya Terdakwa Korupsi e-KTP, Dihukum Bayar Uang Pengganti

Selambatnya 1 bulan setelah keputusan memperoleh hukum tetap, dalam  jangka waktu itu tidak dibayar maka harta benda terdakwa II akan disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti. Dalam hal terdakwa tidak mempunyai benda yang cukup untuk membayar uang pengganti, terdakwa dipidana dengan pindana penjara selama 1 tahun,”kata hakim John.

Sebelumnya, hakim John menyatakan keduanya terbukti secara sah melakukan korupsi secara bersama-sama. Irman dan Sugiharto dinilai telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau keududukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

“Menjatuhkan pidana kepada saudara Irman dengan pidana selama 7 tahun dan denda sebesar Rp 100 juta, apabila denda tersebut tidak dibayar, akan diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan. Menjatuhkan pidana kepada saudara Sugiharto dengan pidana penjara selama 5 tahun dan denda Rp 400 juta, dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama 6 bulan,”kata hakim John.

Irman dan Sugiharto dinilai terbukti bersalah melanggar Pasal 3 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat 1 ke -1 KHUP. Putusan itu senada dengan tuntutan jaksa KPK.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *